Setelah
6 Tahun, RIM Akhirnya Buka Kantor di Indonesia. Siapa yang tidak tahu
Blackberry di Indonesia ini? Handset smartphone yang satu ini sangat
terkenal sekali di negara kita tercinta ini, khususnya aplikasi chat
mereka yaitu BlackBerry Messenger yang penggunaannya sudah menjadi wabah
dan life style tersendiri di Indonesia. Meskipun Blackberry sangat
terkenal di Indonesia ini, tapi tidak sedikit pengguna Blackberry yang
tidak mengetahui apa itu RIM (Research In Motion). Padahal Blackberry
sendiri adalah produk dari RIM, yang notabene sudah masuk Indonesia di
kisaran tahun 2004, berarti sudah mendekati 6 tahun di Indonesia. Tetapi
baru pada tanggal 9 november 2010 kemarin RIM selaku produsen
BlackBerry membuka kantor resminya di Jakarta, Indonesia yang bernama
PT. Research In Motion Indonesia.
RIM saat ini
telah merencanakan pembukaan 36 pusat layanan pelanggan resmi BlackBerry
sampai akhir 2010. Produk BlackBerry di Indonesia juga mulai saat ini
mendapat jaminan garansi selama 24 bulan. RIM telah memiliki tiga mitra
distributor lokal yakni PT Teletama Artha Mandiri, PT Comtech Cellular,
dan PT Selular Media Infotama. Ketiganya bekerja sama dengan
Brightpoint. BlackBerry juga didistribusikan melalui sejumlah operator
seluler di Indonesia.
Berkenaan
dengan didirikannya PT. Research In Motion Indonesia, Gregory Wade
(Managing Director RIM se-Asia Tenggara) mengatakan:
Pendirian PT
RIM Indonesia adalah sebuah milestone bagi perusahaan kami sekaligus
merupakan bukti konkret komitmen investasi jangka panjang yang kami
lakukan di Indonesia. Terima kasih untuk semua dukungan dan persetujuan
dari Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) atas berdirinya PT RIM
Indonesia. Kami sangat bersemangat untuk membuka kantor kami dan
menumbuhkembangkan tim di Indonesia.
Gregory Wade di peluncuran PT. Research In Motion Indonesia
Memang jika
dibandingkan dengan jumlah total populasi di Indonesia, total pengguna
BlackBerry masih sangatlah kecil, walaupun begitu si BlackBerry
memiliki peningkatan yang luar biasa dari tahun ke tahun bahkan dari
bulan ke bulan. Di negara kita Indonesia ini, para operator telco sangat
berperan penting dalam menjadikan BlackBerry sebagai “Smartphone BRAND
that everybody wants”. Di mulai dari si Indosat yang memiliki tagline
yang sangat berpengaruh untuk BlackBerry di Indonesia yaitu “always on,
always connected lifestyle”. Dan kalau kita ingat lagi, Blackberry di
Indonesia pernah meraih peningkatan pelanggan sampai dengan 450% di
tahun 2008.